FKIP – Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Keuangan, dan Logistik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Sosialisasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Bidang B dan C secara daring pada Rabu (1/12/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dimoderatori oleh Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. selaku Kepala Program Studi S-3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) FKIP UNS, kegiatan tersebut menghadirkan satu narasumber. Adapun, narasumber tersebut adalah Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, M.Si. Beliau merupakan Guru Besar Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Dalam sosialisasi tersebut, Prof. Sucihatiningsih memaparkan materi bertajuk “Sosialisasi Bedah Tuntas PAK Bidang B dan C”. Pada awal pemaparan, beliau menjelaskan perbandingan antara Pelaksanaan Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit (PO PAK) 2014/2015 dan PO PAK 2019 Revisi dan penekanan pembahasan Kum B dan C pada buku.

“Sebenarnya perbedaan antara PO PAK 2014/2015 dan PO PAK 2019 Revisi adalah banyak diadopsinya kegiatan-kegiatan di Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam Kum B dan C. Dalam sosialisasi ini, saya akan menekankan perbedaan antara Kum B dan C dalam buku. Mengingat buku memiliki nilai yang tinggi dan jika kita tidak hati-hati bisa dianggap oleh reviewer kalau ini adalah buku ajar,” jelas Prof. Sucihatiningsih.

Menurut beliau, ada beberapa ketentuan dalam menulis sebuah buku. Pertama, harus berdasarkan pedoman yang tepat. Kedua, harus memperhatikan etika penulisan buku, karakteristik buku, serta format penulisan dan halaman buku. Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai etika dalam menulis buku. Etika tersebut adalah jujur pada rujukan atau sumber yang digunakan, mengutip sama persis tidak lebih dari 10%, dan karya intelektual dianggap sebagai publik domain setelah 50 tahun.

Kemudian, Prof. Sucihatiningsih menjelaskan mengenai ragam buku yang termasuk ke dalam Kum B dan C. Beliau juga menjelaskan perbedaan antara masing-masing ragam buku tersebut.

“Buku yang termasuk ke dalam Kum B adalah buku ajar, buku teks, modul, dan handout.
Sedangkan dalam Kum C, buku yang bisa dinilai itu ada tiga. Ketiga buku itu adalah buku referensi, monograf, dan book chapter baik tingkat nasional maupun internasional,” jelas Prof. Sucihatiningsih.

Reporter : Rosantika Utami
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa

By Published On: Desember 1st, 2021Categories: Kepegawaian, Keuangan0 CommentsTags: , , , ,

Leave A Comment